Pleno LAMDik Lengkap Pembina, Pengawas, Pengurus, Tim Instrumen, & BAN PT: Implementasi 2 Mei 2021

Surabaya, 15 Oktober 2020

Dewan Pengurus bersama Tim instrumen LAM Dik yang berciri khas bidang kependidikan telah menyelesaikan naskah akademik (NA) lengkap dan Instrumen LamDik (I-LAM Dik) 90%. Capaian keduanya telah diplenokan bersama Majelis Akreditasi BAN PT 8 Oktober 2020 dan diplenokan kembali bersama Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus, dan Tim Instrumen serta Tim sistem IT secara blanded. Luring dilaksanakan di Kampus Unesa Surabaya 13-15 Oktober 2020 blanded daring yang diikuti dari LPTK NI, FORKOM Dekan FKIP, ALPTKSI, dan Forum Fakuktas Tarbiyah UIN/IAIN/STAIN.

Dalam penyusunan NA dan I-LAMDik tersebut dilaksanakan secara berkala setiap sekali dalam seminggu di bawah koordinasi dengan Direktorat Kelembagaan dan BAN PT. Sinergi Ini penting karena LAM Dik sebagai lembaga akreditasi mandiri yang bertangung jawab kepada BAN PT dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI.

Secara substansi instrumen berciri khas bidang kependidikan tersebut dijabarkan menjadi 9 kriteria sesuai ketentuan Sistem Akreditasi Nasional dan 77 butir instrumen yang memiliki kekhasan bidang kependidikan.

Kekhasan instrumen LAMDik tersebut antara lain yang secara khusus memotret peran prodi di butir sekolah mitra, sekolah lab, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), observasi persekolahan, pengembangan perangkat pembelajaran, asistensi guru, pembelajaran mikro, peer teaching teman sejawal, riil teaching yang dimikrokan, dosen penugasan ke sekolah, kontribusi guru pamong, calon guru penggerak, KKNDik atau life skills dalam konteks pendidikan, pusat sumber belajar, dan peran-peran kekhasan kependidikan lainnya, dll.

Dalam pertemuan lengkap tersebut ditetapkan kembali biaya akreditasi maupun reakreditasi sebesar RP 45 juta. Untuk biaya sampai tahap AK sebesar Rp 25 juta dan ditambah untuk biaya AL Rp 20 juta. Biaya tersebut dapat diangsur selama 5 tahun.

Dalam waktu dekat instrumen lengkap tersebut akan diuji publik besuk pada November 2020 untuk mendapatkan masukan-masukan. Selanjutnya memasuki tahap sosiasisasi awal tahun 2021. Dan diharapkan pada 2 Mei 2021 sesuai semangat Hardiknas LAMDik resmi beroperasi.

One thought on “Pleno LAMDik Lengkap Pembina, Pengawas, Pengurus, Tim Instrumen, & BAN PT: Implementasi 2 Mei 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published.